Biografi Penemu Facebook
Mark Elliot Zuckerberg
lahir di kawasan bernama Dobbs Ferry, Westchester County, kota New
York.Anak dari Edward dan Karen Zuckerberg. Ia adalah anak kedua dari
empat bersaudara dari orang tua pasangan dokter gigi - psikiater. Sejak
kecil Zuckerberg suka mengu tak-atik komputer, mencoba berbagai program
komputer dan belajar membuatnya. Ayahnya sendiri membelikannya komputer
sejak ia beru sia delapan tahun. Saat di sekolah menengah Phillips
Exeter Academy, ia dan rekannya, D'Angelo, membuat plug-in untuk MP3
player Winamp. Plug-in adalah program komputer yang bisa berinteraksi
dengan aplikasi host seperti web browser atau email untuk keperluan
tertentu.
Zuckerberg dan D'Angelo membuat plug-in untuk menghimpun kesukaan orang
terhadap aneka jenis lagu dan kemudian membuat play list-nya sesuai
selera mereka. Mereka mengirimkan program itu ke berbagai perusahaan
termasuk ke AOL (American Online) dan Microsoft. Pada tahun terakhimya
di Phillips ia direkrut oleh Microsoft dan AOL untuk suatu proyek.
Saat melanjutkan sekolah ke perguruan ting gi keduanya harus berpisah.
D'Angelo masuk Caltech sedangkan Zuckerberg masuk Harvard. Di Harvard
inilah Zuckerberg menemukan ide membuat buku direktori mahasiswa online
karena universitasnya tak membagikan face book (buku mahasiswa yang
memuat foto dan identitas mahasiswa di universitas itu) pada mahasiswa
baru sebagai ajang pertemanan di antara mereka. Namun setiap kali ia
menawarkan diri membuat direktori itu, Harvard menolaknya. "Mereka
mengatakan punya alasan untuk tidak mengumpulkan informasi (mahasiswa)
ini," ujar Zuckerberg kemudian.
Meski ditolak ia selalu mencari cara untuk mewujudkannya. "Saya ingin
menunjukkan kalau hal itu bisa dilakukan," lanjutnya soal kengototannya
membuat direktori itu. Proyek pertamanya adalah CourseMatch
(www.coursematch.com) yang memungkinkan teman-teman sekelasnya
berkomunikasi satu sama lain di website tersebut. Suatu malam di tahun
kedua ia kuliah di Harvard, Zuckerberg menyabot data mahasiswa Harvard
dan memasukkannya ke dalam website yang ia buat bernama Facemash.
Sejumlah foto rekan mahasiswanya terpampang di situ. Tak lupa ia
membubuhkan kalimat yang meminta pengun jungnya menentukan mana dari
foto-foto ini yang paling "hot". Pancingannya mengena. Dalam tempo empat
jam sejak ia meluncurkan webiste itu tercatat 450 orang mengunjungi
Facemash dan sebanyak 22.000 foto mereka buka. Pihak Harvard
mengetahuinya dan sambungan internet pun diputus. Zuckerberg
diperkarakan karena dianggap mencuri data. Anak muda berambut keriting
ini pun meminta maaf kepada rekan-rekan yang fotonya masuk di Facemash.
Tetapi ia tak menyesali tinda kannya. "Saya kira informasi seperti itu
harus tersedia (online)," ujamya.
Alih-alih kapok ia malah membuat website baru dengan nama Facebook
(www.thefacebook.com). Website ini ia luncurkan pada Februari 2004.
Facebook merupakan penyempurnaan dari Facemash. Sasarannya tetap sebagai
tempat pertemuan sesama mahasiswa Harvard. Dalam penjelasan di
website-nya sekarang disebutkan bahwa Facebook adalah suatu alat sosial
untuk membantu orang berko munikasi lebih efisien dengan rekan,
keluarga, atau rekan kerjanya. Facebook menawarkan navigasi yang mudah
bagi para penggunanya. Setiap pemilik account punya ruang untuk memajang
fotonya, teman-temannya, network, dan melakukan hal lainnya seperti
bisa berkirim pesan dan lain sebagainya.
Banyaknya aplikasi yang bisa digunakan oleh anggotanya membuat Facebook
digan drungi banyak orang. Konon hingga saat ini sudah lebih dari 20.000
aplikasi dimasukkan ke dalam Facebook yang bisa digunakan para
anggotanya. Setidaknya 140 aplikasi baru ditambahkan ke Facebook setiap
harinya dan 95% pemilik account Facebook telah menggu nakan minimal satu
aplikasi.
Penyertaan banyak aplikasi ini membuat Facebook berbeda dengan website
jejaring sosial terdahulu seperti MySpace. Lalu orang berbondong-bondong
mengunjungi website nya dan mendaftar jadi anggotanya. Dalam waktu dua
minggu setelah diluncurkan, separuh mahasiswa Harvard sudah memiliki
account di Facebook. Ternyata tak hanya mahasiswa Harvard yang tertarik,
beberapa kampus di sekitar Harvard pun meminta dimasukkan dalam
jejaring Facebook. Ini membuat Zuckerberg kewalahan. Ia lalu meminta
bantuan dua temannya untuk ikut mengem bangkan Facebook. Dalam tempo
empat bulan Facebook sudah bisa menjaring 30 kampus. Hingga akhir 2004
jumlah pengguna Facebook sudah mencapai satu juta.
Pengguna Facebook terus meningkat. Malah ada sejumlah orang yang tak
lagi jadi mahasiswa atau yang masih di sekolah ingin bergabung.
Tingginya desakan ini membuat Zuckerberg dan kawan-kawan memutuskan
Facebook membuka jaringan untuk para siswa sekolah menengah (di sini
SMU) pada Sep tember 2005. Tak lama kemudian mereka juga membuka
jejaring para pekerja kantoran. Kesibukan yang luar biasa ini membuat
Zuckerberg harus memutuskan keluar dari Harvard. "Apa yang saya inginkan
sudah ada di tangan. Saya tidak ingin punya ijazah kemudian bekerja.
Menurut saya, pekerjaan hanyalah untuk orang-orang yang lemah," ujarnya
pada Majalah Current. Zuckerberg dan kawan-kawan kemudian mengembangkan
Facebook lebih jauh lagi. Pada September 2006 Facebook membuka
pendaftaran untuk jejaring umum dengan syarat memiliki email. Sejak
itulah jumlah anggota Facebook melesat.
Saat ini jumlah anggota aktifnya mencapai 70 juta di seluruh dunia.
Jejaring yang dihim punnya mencapai enam juta jaringan (ke lompok
pertemanan) meliputi 55.000 jaringan berdasarkan demografi, pekerjaan,
sekolah, kolegial, dan sebagainya. Setiap harinya ada 14 juta foto
di-upload (dimasukkan ke Facebook). Dan dalam hal jumlah trafik
pengakses Facebook menjadi website teraktif ke-6 di dunia dan menjadi
website jejaring sosial kedua terbesar versi camScore.
Jual Saham Jadi Kaya Jumlah anggota Facebook yang jutaan orang itu
menjadi tambang emas yang meng giurkan. Zuckerberg dan kawan-kawan pun
menangkap peluang bisnis yang besar. Karena itu ketika jumlah user-nya
melebihi satu juta mereka menggandeng Accel Part ners, perusahaan modal
ventura, untuk membiayai pengembangannya. Modal yang ditanamkan adalah
US$ 12,7 juta. Ini adalah investasi kedua yang masuk ke Facebook setelah
sebelumnya (Juni 2004) men dapatkan dan dari pendiri PayPal sebesar US$
500.000. Pembenahan pertama dengan tambahan modal itu adalah dengan
meng ganti domain-nya dari www. thefacebook. corn menjadi
www.facebook.com pada Agustus 2005. Setelah itu jangkauan keanggotaannya
diperluas menjadi internasional. Hingga Desember 2005 jumlah anggotanya
sudah mencapai 5,5 juta.
Meski jumlah user-nya meningkat tajam pada tahun 2005 disebutkan
Facebook menga lami kerugian sampai US$ 3,63 juta. Facebook kemudian
mendapatkan dana sebesar US$ 25 juta dari Greylock Partners dan Meritech
Capi tal Partners. Dana itu digunakan untuk meluncurkan versi
mobile-nya.
Pada September 2007 Microsoft melakukan pendekatan dan menawarinya
membeli 5% saham senilai sekitar US$ 300 juta hingga US$ 500 juta. Jika
nilai itu disetujui maka nilai kapitalisasi Facebook sudah mencapai US$ 6
miliar hingga US$ 10 miliar atau sekitar Rp 54 triliun hingga Rp 90
triliun. Namun Microsoft akhirnya mengumumkan hanya membeli 1,6% saham
Facebook dengan nilai US$ 240 juta pada Oktober 2007. Transaksi ini
menunjukkan nilai kapitalisasi Facebook ternyata lebih tinggi yaitu
sekitar US$ 15 miliar (sekitar US$ 135 triliun).
Setelah
itu sejumlah tawaran mengepung Facebook. Li Ka-shing disebut-sebut ikut
menginvestasinya sekitar US$ 60 juta pada November 2007. Lalu ada
berita yang menyebutkan Viacom, Yahoo, Google, dan sebagainya pun ikut
menawar untuk membeli Facebook. Sejauh ini Zackerberg me ngatakan
Facebook tak akan dijual. Melesatnya bisnis Facebook membuat Zackerberg
menampuk kekayaan yang luar biasa. Majalah Forbes menyebutkan kekayaan
Zackerberg sendiri mencapai US$ 1,5 miliar atau sekitar Rp 13,5 triliun.
Jangankan untuk anak seusia Zackerberg, untuk orang dewasa pun harta
sebanyak itu tentu jumlah yang luar biasa besar. Maka wajar jika majalah
itu menobatkannya sebagai The Youngest `Self-made' Billionaire on the
Planet.
Prestasi yang diraih Zackerberg tak benar -benar mulus. Sejumlah perkara
ia dapatkan sehubungan dengan Facebook. Termasuk dari rekannya di
Harvard yang menyebutkan rancangan Facebook sebenarnya tiruan dari
ConnectU. Namun Zackerberg tetap bergeming bahwa Facebook merupakan
hasil karyanya. Meskipun ConnectU kalah dalam persidangan pertama,
perusahaan ini mendaftarkan gugatan baru pada Maret 2008. Kontroversi
juga datang dari negara-negara seperti Myanmar, Bhutan, Syria, Arab
Saudi, Iran dan sebagainya yang menyebutkan kalau Facebook mempromosikan
serangan terhadap otoritas pemerintahannya sehingga akses terhadap
Facebook di negara tersebut ditutup.
Di tengah sejumlah kontroversi itu, nama Facebook dan Mark Zackerberg
tetap digan drungi banyak orang. Zackerberg sendiri di tengah
kepopuleran namanya dan jumlah kekayaan yang dimilikinya, ia tetap
sederhana. Ia masih tinggal di apartemen sewaan dan di kamarnya hanya
tersedia sebuah meja dan kursi. Kasurnya diletakkan di lantai. Kala
datang ke kantornya di Palo Alto, Zackerberg kerap berjalan kaki atau
mengendarai sepeda. Tak tampak sebagai miliuner (dalam US$ dol lar,
tentunya) atau triliuner (dalam rupiah).
Forbes mencatatnya sebagai milyarder termuda, atas usaha sendiri dan
bukan karena warisan, yang pernah tercatat dalam sejarah. Kekayaannya
ditaksir sekitar satu setengah miliar dolar Amerika.
Awal tahun 2009 Mark Zuckerberg mendapat penghargaan Young Global Leaders. Usia Mark Zuckerberg baru 24 tahun, tetapi ia bisa menghasilkan 1,5 miliar dollar AS. Keberhasilan pria pendiri Facebook, salah satu situs jejaring sosial ternama di dunia, ini membuatnya nangkring dalam jajaran 400 orang terkaya di Amerika versi Forbes. Tidak hanya itu, dalam jajaran tersebut ia juga dinobatkan sebagai orang kaya yang paling muda.
Fakta - fakta tentang Facebook dan Mark Zuckerberg
- Facebook punya lebih dari 150 juta pendaftar
- Jumlah pengguna yang aktif lebih dari 20 juta
- Separuh lebih pendaftar Facebook bukan orang kuliahan
- Pengguna rata-rata memiliki 100 teman
- Lebih dari 3 juta pengguna menjadi penggemar sesuatu
- Jumlah foto yang di up-load lebih dari 800 juta perbulan
- lebih dari 5 juta video di up-load perbulan
- Konten lain(link,cerita,blog,cata